Lompat ke Konten Lompat ke Sidebar Lompat ke Footer

CARA MEMBUAT TEH BUNGA TELANG BIRU

Resep Teh Bunga Telang Buatan Sendiri Sederhana Spesial Asli Enak. Minuman teh bunga telang kekinian dan viral bisa dibuat dari teh telang segar yang baru dipetik maupun terbuat dari teh telang kering yang sudah dikering sebelumnya dengan cara dijemur di bawah sinar matahari seperti biasa dan diusahakan sampai benar-benar kering barulah siap diolah atau diracik menjadi makanan dan minuman segar original maupun dicampur bahan-bahan lainnya menjadi minuman kekinian.

Foto Resep Teh Bunga Telang Buatan Sendiri Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Teh Bunga Telang Biru



Teh telang bisa diminum panas atau hangat dan juga boleh dicampur es batu untuk diminum dalam keadaan dingin. Manfaat bunga telang untuk kesehatan sangatlah beragam. Hal ini dipengaruhi oleh sifat yang dimiliki bunga telang. Mulai dari antioksidan, antiinflamasi, antikanker, antimikroorganisme, dan masih banyak lagi.

Nama lokal :
  • Aparajita (Hindi)
  • Gokarna (Marathi)
  • Butterfly pea, Blue pea vine, Pigeon wings (Inggris)
  • Bunga telang (Malaysia)
  • Dok anchan (Thai)
  • Nagar hedi (Kannada)
  • Sankhupushpam (Malayalam)
  • Teleng (Betawi/Jakarta)
Menurut situs Wikipedia. Kembang atau bunga telang (Clitoria ternatea) adalah tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan rumah atau tepi hutan yang berwarna biru keunguan. Tumbuhan anggota suku polong-polongan ini berasal dari Asia tropis, namun sekarang telah menyebar ke seluruh daerah tropika.

Sejak dulu tumbuhan ini ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias karena bunganya yang berwarna biru terang atau ungu. Bunganya di berbagai tempat Asia Tenggara dimanfaatkan sebagai obat tradisional herbal alami juga modern serta pewarna makanan dan minuman. Di Malaysia, ekstrak mahkota bunganya dipakai untuk mewarnai ketan. Di Thailand, minuman penyegar berwarna biru dari ekstraknya dinamakan nam dok anchan. Terdapat varietas dengan mahkota bunga berwarna putih. Di Indonesia bunga telang dimanfaatkan sebagai pewarna makanan atau minuman, seperti wedang telang dan nasi telang.

Teh telang atau teh biru ini mudah dibuat dan gampang banget serta rasanya mantap. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi teh bunga telang biru yang unik sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis gerai minuman, rumah makan, restoran ala cafe resto cepat saji.

RESEP TEH BUNGA TELANG/TEH BIRU (BLUE TEA)


Resep Ini merupakan minuman bunga telang yang paling sering dibuat, sebab proses pembuatannya tergolong sangat mudah. Ya, blue tea atau teh biru yang unik sangat cocok untuk menemani kamu di pagi atau sore hari dan cocok untuk minuman buka puasa maupun menu minuman sahur.

BAHAN :
  • Bunga telang segar atau bunga telang kering secukupnya
  • 1 cup air
  • 1 sdm gula pasir
CARA MEMBUAT TEH BUNGA TELANG :
  1. Cara buatnya cukup siapkan bunga telang yang sudah dikeringkan. Lalu masak dengan 1 cup air putih hingga mendidih.
  2. Selanjutnya, siapkan gelas dan masukan gula sesuai selera. Setelah itu saring air rebusan bunga telang yang sudah mendidih dan tuang ke dalam gelas. Blue tea atau teh biru siap diminum.
  3. Sajikan panas/hangat atau dingin ditambahkan es batu.

Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT TEH BUNGA TELANG BIRU"