CARA MEMBUAT BAKSO BERANAK MERCON JUMBO SUPER PEDAS GILA

Resep Bakso Beranak Mercon Jumbo Super Pedas Gila Sederhana Spesial Pedas Asli Enak. Sesuai dengan namanya, bakso beranak adalah bakso bulat ukuran besar atau bakso jumbo yang di dalamnya terdapat bakso lagi biasanya ukurannya kecil-kecil. Jadi kesimpulannya, bakso utamanya berukuran jumbo atau gede, kemudian di dalam diisi dengan bakso dengan ukuran yang lebih kecil dan isian lainnya terkadang ada isi tetelan, telur puyuh, cabai pedas gila khusus yang ini dinamakan bakso beranak mercon super pedas jumbo. Bagi yang tidak begitu suka pedas bisa pesan bakso beranak biasa yang tidak pedas tandanya tidak berisi cabe atau cabai domba atau cabe setan di dalam pentol bakso beranaknya.

Foto Resep Bakso Beranak Mercon Sederhana Spesial Pedas Asli Enak
Gambar Bakso Beranak Mercon (BBM)



Bentuknya yang unik dan menarik selera makan tersebut seringkali mencuri perhatian, terutama para pencinta bakso. Apalagi baksonya tersedia banyak pilihan, ada bakso urat, telur, hingga bakso keju.

Baca Juga :


Menurut situs Wikipedia, Bakso beranak atau bakso isi bakso kecil adalah sebuah hidangan Indonesia yang terdiri dari sebuah bakso (dalam ukuran biasa atau berukuran lebih besar dari ukuran biasa) yang bagian dalamnya diisi dengan berbagai macam jenis bahan makanan cair, gel atau padat yang berukuran lebih kecil, seperti keju cheedar, keju mozarella, cabai mercon, telur, tahu, sosis, jamur, daging cincang, bakmi, bakso lainnya yang berukuran lebih kecil, dan lain sebagainya. Menurut KOMPAS.com, jenis bakso tersebut pada awalnya dibuat oleh Big Bakso Family milik Oding yang dibuka sejak 2013.

Anda bisa membuat bakso beranak daging sapi atau daging ayam, sedangkan ukuran besarnya bisa disesuaikan dengan selera maupun budget atau biaya misalnya bakso segede kepala manusia, begitu juga dengan isiannya disesuaikan dengan isi kantong dan selera, misalnya bakso beranak biasa tanpa pedas atau buat bakso beranak mercon yang super pedas gila paling terpedas di dunia. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi bakso sapi beranak pinak sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kedai bakso, warung bakso daging sapi, rumah makan bakso sapi dan restoran bakso ayam dan dan bakso sapi beranak mercon pedas banget pakai sambal setan.

RESEP BAKSO BERANAK


BAHAN :

BAHAN PENTOL BAKSO SAPI :
  • 500 gram daging sapi asli, potong kotak-kotak atau giling sendiri biar terhindar daging oplosan yang campur dengan babi hutan atau celeng, tikus, daging ular, dll
  • 100 gram tepung sagu
  • 100 gram es batu, serut atau hancurkan
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt lada bubuk
  • 6 btr telur puyuh rebus (opsional)
BAHAN KUAH :
  • 250 gram tulang sapi
  • 2 sdt lada bubuk
  • 5 siung bawang putih, cincang halus, goreng
  • 2 liter air
BAHAN PELENGKAP :
  • Bawang goreng secukupnya
  • 2 batang daun seledri, rajang halus
  • 2 batang daun bawang, rajang halus
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Kecap manis
  • Saus sambal
CARA MEMBUAT BAKSO BERANAK :
  1. Siapkan panci, isi air yang agak banyak sekiranya cukup atau muat untuk mrebus semua bakso. Sisihkan.
  2. Iris bawang merah dan bawang putih, goreng hingga matang dan harum. Sisihkan.
  3. Siapkan blender, masukkan potongan daging sapi, es batu yang sudah dihancurkan serta bawang merah dan bawang putih goreng. Blender daging sapi hingga lumat dan halus.
  4. Pindahkan gilingan daging sapi ke wadah. Masukkan garam, kaldu bubuk dan lada bubuk, aduk merata. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diuleni menggunakan tangan, uleni hingga adonan merata.
  5. Bentuklah bakso menjadi bulatan-bulatan kecil. Caranya yaitu ambil segenggam adonan,
  6. kemudian remas adonan hingga menyembul pentol adonan diantara ibu jari dan telunjuk.
  7. Ambil pentol / bulatan bakso menggunakan sendok, segera cemplungkan kedalam air mendidih. Buatlah bakso kecil-kecil hingga separuh dari jumlah seluruh adonan.
  8. Rebus bakso kecil hingga matang dan mengapung. Angkat, tiriskan.
  9. Sekarang saatnya membuat 'induk' bakso. Caranya yaitu dengan menggunakan mangkok yang memiliki bentuk cembung membulat. Olesi dulu mangkok dengan minyak goreng agar tidak terlalu lengket nantinya.
  10. Ambil sekitar 2-3 sendok makan adonan, masukkan kedalam mangkok. Tekan-tekan adonan sehingga menutupi seluruh permukaan bagian dalam mangkok dan membentuk cekungan.
  11. Masukkan sekitar 4-6 butir bakso kecil dan 2 btr telur puyuh kedalam cekungan tersebut. Setelah itu, rapatkan cekungan sehingga adonan bakso membentuk bulatan dan bakso kecil-kecil berada didalamnya. Buat lagi beberapa buah hingga adonan habis.
  12. Rebus 'induk bakso' dalam air mendidih hingga matang dan mengapung. Angkat, tiriskan.
  13. Cara Membuat Kuah Bakso. Siapkan panci. Masukkan air, tulang sapi, lada bubuk dan bawang putih goreng, rebus hingga mendidih.
  14. Setelah mendidih, kecilkan api dan rebus selama kurang lebih 30 menit hingga 1 jam agar kaldunya keluar.
  15. Cara Menyajikan Bakso. Masukkan bakso kedalam kuah yang mendidih, biarkan beberapa saat. Sisihkan.
  16. Ambil mangkuk saji, beri garam, kaldu bubuk, irisan daun bawang, irisan daun seledri, saus sambal dan kecap manis.
  17. Angkat bakso dari kuah yang mendidih, masukkan ke mangkuk. Beri kuah secukupnya.
  18. Belah bakso hingga 'beranak' dan nikmati selagi panas.