CARA MEMBUAT KOKOLE JAGUNG KHAS MANADO

Resep Kokole Jagung Khas Manado Sederhana Spesial Asli Enak dan Lumer. Kokole jagung, Pudingnya Masyarakat Sulawesi khususnya Sulawesi Utara yang ibu kotanya Manado. Kalau dilihat dari bahan-bahannya puding Manado ini tidak menggunakan bahan agar-agar maupun menambahkan jelly Nutrijell sama sekali ke dalam adonannya. Malah yang cara tradisional banget menghancurkan jagung dan mencampurkannya dengan kelapa parut tanpa blender. Caranya dengan menumbuk jagung pakai ulekan sampai halus kalau sudah halus campurkan dengan kelapa parut tadi, kemudian saring yang diambil air perasan dari jagung dan kelapanya saja yang mengandung sari pati. Inilah bahan pembuatan kokole camu camu dari Manado yang sebenarnya.

Foto Resep Kokole Jagung Khas Manado Sederhana Spesial Asli Enak dan Lumer
Gambar Kokole Jagung Khas Manado Modern



Kokole adalah puding jagung khas Manado yang disajikan selagi hangat. Kokole namanya. Mungkin sebagian besar orang tidak mengetahui nama makanan ini. Makanan tradisional khas kota Manado ini terbilang cukup unik. Terbuat dari jagung yang diparut halus, kelapa, santan, dan gula merah. Ada juga yang memberikan cincangan kenari untuk memberikan aksen kres kres renyah yang enak. Rasanya yang manis legit puding kokole ini cocok sekali untuk hidangan takjil berbuka puasa hari ini. Apalagi bisa dimakan panas, hangat atau dingin.

Baca Juga :


Kue tradisional ini masih termasuk kedalam jenis puding agar-agar. Hanya saja bukan puding dingin, melainkan puding hangat atau puding panas. Karena kokole ini tetap enak meskipun disajikan hangat. Penyajian kokole tak kalah unik, kokole kue Manado yang sudah matang ditaruh dalam cetakan yang terbuat dari daun pandan yang dibentuk seperti wadah persegi panjang.

Sebagai hiasan, biasanya diberi taburan kacang kenari dan juga kismis. Rasa kue kokole tak kalah enak dengan puding-puding modern kekinian yang viral. Rasanya gurih manis, dan ada sedikit aksen renyah dari parutan jagungnya tadi. Aromanya juga harum, ditambah lagi dengan menggunakan cetakan dari daun pandan. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kokole puding jagung Manado manis legit sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis toko oleh-oleh khas Manado.

RESEP KOKOLE MANADO


BAHAN :
  • 800 gram jagung lokal (kurleb sekitar 7-8 jagung), dipipil
  • 300 gram gula merah
  • 1 buah kelapa diparut
  • 800 ml air (100 ml untuk mencairkan gula merah dan 700 ml untuk campuran jagung)
  • 2 lbr daun pandan
CARA MEMBUAT KOKOLE MANADO :
  1. Cairkan gula merah dengan 100 ml air dan tambahkan 1 lbr daun pandan.
  2. Blender jagung plus air.
  3. Campurkan dengan kelapa parut di dalam baskom. Campur sambil diremas-remas supaya keluar air.
  4. Selanjutnya saring dengan saringan tahu/saringan susu.
  5. Saring gula merah yang sudah dicairkan.
  6. Masukkan pandan plus air jagung dan kelapa, masak sambil diaduk. Aduk hingga kental kurleb 40 menit.
  7. Cetak dalam loyang kemudian dinginkan.
  8. Kokole Manado siap dihidangkan hangat, tapi lebih nikmat dan segar mantap jika didinginkan dalam kulkas.
  9. Sajikan.