CARA MEMBUAT SAMBAL LECET KHAS CURUP REJANG LEBONG BENGKULU

Resep Sambal Lecet Khas Rejang Lebong, Curup, Bengkulu Sederhana Spesial Pedas Asli Enak Cuy. Konon sambal ini disebut sambal lecet gegara proses memasaknya tidak pakai minyak, juga tidak digoreng. Sambal lecet dibuat dari rebusan cabai, bawang merah dan bawang putih, kemudian digiling bersama ikan teri panggang.

Foto Resep Sambal Lecet Khas Rejang Lebong, Curup, Bengkulu Sederhana Spesial Pedas Asli Enak Cuy
Gambar Sambal Lecet Pedas Komplit



Namanya adalah Sambal Lecet. Meskipun sekilas tampak seperti sambal biasa, tapi sebenarnya sambal lecet khas Tanah Rejang (Kab. Rejang Lebong, Curup, Bengkulu) diracik dengan cara yang spesial. Cabai atau cabe yang dipakai boleh pakai cabe ijo untuk sambal lecet hijau/ijo, boleh pake cabe merah untuk sambal lecet merah dan boleh juga pake cabe campur. Jadi bisa tergantung selera. Ikan teri panggang atau bakar juga bisa diganti sama terasi bakar atau panggang kalau tidak punya stok ikan teri yang penting bisa makan enak. Begitu juga soal tingkat kepedasan atau level pedas, kalau mau lebih pedas bisa dicampur cabe setan atau cabai domba.

Cara memanggang ikan teri yang unik tanpa perlu pakai bakar-bakar kayu demi melahirkan bara api. Cukup pakai kompor gas. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sambel lecet ikan teri pedas sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung makan, rumah makan Bengkulu bahkan buka restoran ala cafe resto cepat saji.

RESEP SAMBAL LECET KHAS BENGKULU


BAHAN :
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 2 buah tomat
  • 1 sdm terasi goreng atau Ikan teri bakar/panggang secukupnya
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
CARA MEMASAK SAMBAL LECET BENGKULU :
  1. Bungkus bahan sambal (kecuali garam dan gula) dengan daun pisang. Bakar hingga matang. Angkat.
  2. Campur dengan garam dan gula pasir, haluskan.
  3. Sambal Lecet siap dihidangkan dengan nasi panas dan lauk pauk seperti ayam goreng, ayam bakar, ayam geprek, ikan bakar, ikan goreng, ikan geprek, dll dan jangan lupa lalapan daun singkong/pucuk ubi rebus, jengkol muda, terong bulat.
  4. Sajikan.