CARA MEMBUAT SEKOTENG JAHE PANAS PAKAI SUSU

Resep Sekoteng Jahe Panas Hangat Sederhana Spesial Khas Bandung Asli Enak. Sekoteng adalah minuman tradisional kepunyaan Indonesia, tepatnya berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Minuman ini biasa disebut Wedang Sekoteng susu, terbuat dari banyak bahan terutama jahe yang dibakar untuk dijadikan kuah, kemudian untuk isi sekoteng sendiri beragam, seperti pacar cina, kacang hijau, roti tawar, dan kacang tanah. Sekuteng tidak hanya terdapat di Jawa Tengah, melainkan didapati juga di daerah betawi dan Bandung, biasanya dikenal dengan sebutan sekoteng Bandung. Menurut saya kacang tanah sangrai itu yang membuat minuman sekoteng ini istimewa dan enak. Apalagi sambil nunggu antrian ke Dokter spesialis THT Prof. DR. dr. M. Thaufiq S. Boesoirie, Sp. THT-KL (K), MSc yang konon katanya dokter spesialis THT terbaik di Bandung yang praktek juga di rumah sakit RS. Advent Bandung dan juga rektor Universitas Islam Bandung (UNISBA), alamat prakteknya di Alamat Klinik. Jl Belitung no 4; Kota Bandung. Telepon, +62 22 4205465 persis depan Taman Lalu Lintas atau Ade Irma Suryani Nasution, Nah, disana ada penjual sekoteng mangkal dan rasanya sedap sekali.

Foto Resep Sekoteng Jahe Panas Hangat Sederhana Spesial Khas Bandung Asli Enak
Gambar Sekoteng Bandung Jahe Panas

Sekoteng adalah minuman asli Jawa Tengah berasa jahe yang biasa dihidangkan panas. Bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam minuman sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, sagu mutiara, kolang-kaling dan potongan roti tawar. Sekoteng biasa dihidangkan pada malam hari. Sekoteng biasanya dijual keliling dengan menggunakan gerobak pikul dan gerobak dorong. Satu sisi untuk panci air jahe beserta kompornya sedangkan sisi lain adalah tempat bahan campuran dan tempat mempersiapkan sekoteng. Macam-macam jenis sekoteng, yaitu sekoteng susu, sekoteng santan, sekoteng sagu mutiara, sekoteng pacar cina, sekoteng tanpa santan, sekoteng ronde, sekoteng Singapore, sekoteng Bandung, sekoteng Jawa Tengah, sekoteng jahe, sekoteng Padang, dll.

Minuman Sekoteng Jahe Bisa juga disajikan dingin pakai batu es atau tambah es batu es sekoteng dingin lebih cocok untuk diminum siang hari lebih terasa segar, kalau pada malam hari sangat cocok dengan sekoteng panas atau hangat, karena cuaca dingin dengan minum sekoteng hangat dapat menghangatkan tubuh atau cuaca sedang hujan juga cocok sangat menyegarkan. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sekoteng panas sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah skala kecil ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis sekoteng ala Abang-abang kekinian dan viral, bahkan untuk menu restoran ala cafe resto cepat saji, jika untuk usaha jualan sekoteng jahe buatlah dengan komposisi tambah banyak untuk bahan-bahannya. Cocok juga untuk sajian takjil buka puasa agar supaya sehat.

RESEP SEKOTENG JAHE PANAS


BAHAN :
  • 80 gram Kacang tanah, kupas kulit, kemudian sangrai
  • 3 buah roti tawar, potong bentuk kotak-kotak
  • 30 gram Sagu mutiara merah atau pink
  • 80 gram Kacang hijau, direbus. Bisa ganti biji kolang kaling
  • 5 sendok teh Susu kental manis putih
BAHAN AIR KUAH JAHE :
  • 100 gram Jahe, bungkus jahe dengan alumunium foil agar kulit jahe tidak hangus, kemudian bakar
  • 200 gram Gula pasir
  • 1.500 ml Air matang
CARA MEMBUAT SEKOTENG JAHE PANAS :
  1. Didihkan 750 ml air, kemudian masukkan sagu mutiara dan tunggu bening. Angkat dan tiriskan. Cuci sagu mutiara yang sudah direbus dengan air mengalir, pisahkan.
  2. Rebus semua bahan kuah jahe dengan api sedang. Tunggu mendidih, kemudian api dikecilkan. Biarkan selama 20 menit sampai tercium aroma harum.
  3. Cara penyajian : Siapkan mangkuk kecil, atur posisi atau tata bahan isi berupa sagu mutiara, kacang hijau rebus, dan potongan roti tawar.
  4. Lumuri atau siram bahan isi pada mangkuk dengan kuah jahe atau air jahe yang masih panas.
  5. Tambahkan 5 sendok teh susu kental manis dan kacang tanah yang sudah disangrai.
  6. Sajikan untuk 5 porsi selagi hangat atau panas.