CARA MEMBUAT SIRUP JERUK KALAMANSI KHAS BENGKULU KITO

Resep Sirup Jeruk Kalamansi Khas Bengkulu Kito Sederhana Spesial Asli Enak Segar. Sirop jeruk kalamansi, minuman khas Provinsi Bengkulu, patut Anda coba menjadi salah satu pilihan minuman segar saat Ramadhan tiba. Terutama, kesegarannya menjadi pelepas dahaga saat berbuka puasa dan dapat mengatasi kelelahan sehabis bekerja keras.

Foto Resep Sirup Jeruk Kalamansi Khas Bengkulu Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Sirup Jeruk Kalamansi Bengkulu


Menurut situs Wikipedia. Jeruk kalamansi (Inggris: calamondin atau calamansi; Melayu: limau kesturi) adalah jenis buah jeruk yang berkembang pesat di Bengkulu, berbau harum, dan memiliki rasa yang asam ketika sudah masak, dan pahit ketika masih mentah. Jeruk kalamansi memiliki dua jenis yang biasanya dibedakan dari warna kulitnya, yaitu jenis yang disebut dalam nama ilmiah (Bahasa latin) Citrofortunella microcarpa berwarna kuning kehijauan atau seperti gradasi, terdapat bagian yang kuning dan pada beberapa tempat terdapat warna hijau, dan yang kedua, yang disebut Citrofortunella mitis biasanya memiliki warna kuning mencolok. Jeruk ini telah ada di seluruh Asia Tenggara, terutama di Republik Rakyat Tiongkok dan Filipina. Jeruk kalamansi ditemukan banyak berkembang di Republik Rakyat Tiongkok, bagian Swatow. Orang Tiongkok meyakini bahwa keberadaan jeruk kalamansi membawa keberuntungan sebuah rumah, oleh karena itu mereka juga menanamnya di rumah.

Jeruk kalamansi banyak dibudidayakan di Bengkulu, dan diproduksi secara besar-besaran untuk dijual dalam hasil olahan bernama sirup kalamansi. Permulaan gerakan budidaya jeruk kalamansi ditandai dengan pencanangan gerakan "satu desa satu produk" (OVOP: one village one product) oleh Wakil Presiden Boediono pada tahun 2009. Jeruk kalamansi juga dapat dijumpai di Bali dengan sebutan Melayu, yaitu limau kesturi atau jeruk kesturi.

Minuman segar ini bisa menjadi menu sehat keluarga, karena sirop kalamansi kaya vitamin. Sebab, sirop atau setrup ini bukanlah perisa dengan gula pasir, tetapi benar-benar air perasan jeruk asli banget.

Sirup kalamansi produksi Giwi Gewi ini dibuat dari hasil petik segar buah kalamansi yang matang. Setelah dibersihkan, jeruk diperas dan diproses menjadi sirop tanpa menambah pengawet buatan.

Sirop alami, jadi kami rasa lebih sehat bagi masyarakat yang meminumnya, terutama bagi saudara kita yang ingin mencari minuman takjil sebagai hidangan pembuka menu berbuka puasa di saat Ramadan tahun 2022 nanti.

Memang benar, ternyata produk Giwi Gewi ini menjadi salah satu pilihan masyarakat. Armi bersama karyawannya harus memproduksi 50 persen lebih banyak dari hari biasa pada Ramadan kali ini. Tak hanya untuk menu berbuka, sirop jeruk kalamansi ini juga jadi salah satu buah tangan Lebaran menarik khas Bengkulu yang dapat dibawa masyarakat saat mudik.

Tersedia beberapa pilihan kemasan, untuk sirop kalamansi ini mulai dari kemasan 250 mililiter sampai 1.000 ml atau 1 liter, jika masyarakat ingin yang praktis kita juga menyediakan yang langsung siap minum tidak perlu mencampur air lagi.

Cara untuk mendapatkan produk sirop kalamansi Giwi Gewi, kata Armi, masyarakat bisa membelinya di sentra penjualan oleh-oleh Kota Bengkulu, atau lebih mudah lagi lewat aplikasi jual-beli daring.

Bagi Anda yang ingin mencoba sendiri membuatnya telah tersedia resep dan komposisi untuk skala rumahan dan untuk skala industri tinggal faktor kalinya saja. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi syrup kalamansi sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis minuman maupun buka toko oleh-oleh khas Bengkulu baik toko offline dan online.

RESEP SIRUP JERUK KALAMANSI

BAHAN :

  • 1 kg buah jeruk Kalamansi / jeruk kunci
  • 1 kg gula pasir (boleh tanpa gula)

PERALATAN :

  • Alat pemeras jeruk

CARA MEMBUAT SIRUP JERUK KALAMANSI :

  1. Cuci bersih buah jeruk kalamansi, potong atau belah dua.
  2. Peras jeruk, saring airnya, pisahkan dengan kulit dan bijinya.
  3. Hasil untuk 1 kg jeruk kalamansi didapat 2 gelas air jeruk.
  4. Siapkan wadah campurkan air jeruk dengan gula. Dengan takaran gula 2x dari banyaknya air jeruk dan airnya 2x banyaknya dari air jeruk.
  5. Masak ± 15 menit. sesekali diaduk.
  6. Setelah 15 menit matikan api, dinginkan Syrup hingga 24 jam.
  7. Pindahkan ke wadah botol atau kemasan botol kaca atau plastik. kapan mau di konsumsi tinggal konsumsi saja. Sama hal nya kayak kita menggunakan syrup-sirup lainnya. Seperti Syrup Marjan, sirup ABC, dll.

RESEP OLAHAN SIROP JERUK KALAMANSI

RESEP JUS BUAH NAGA KALAMANSI

BAHAN :

  • 2 buah buah naga ukuran sedang
  • Sirup kalamansi sesuai selera
  • Es batu secukupnya
  • Air secukupnya

CARA MEMBUAT JUS BUAH NAGA JERUK KALAMANSI :

  1. Potongan - potongan kecil buah naga lalu masukkan ke dalam blender
  2. Tambahkan sirup kalamansi 5 sendok makan atau sesuai selera.
  3. Masukkan es batu
  4. Tambahkan air secukupnya
  5. Kemudian blender hingga halus
  6. Sajikan.

TIPS & TRICKS :

Cara Untuk lebih nikmat Syrup Kalamansi digunakan dg cara. Rendam biji selasih dg air hangat, lalu siapkan batu es dalam cangkir, masukan biji selasih, siram dengan Syrup Kalamansi tambahkan 3 lembar daun mint seger atau seduh langsung saja. siapkan batu es siram dg Syrup kalamansi. Ini saja sudah enak dan seger untuk menu buka puasa nanti.