CARA MEMBUAT TIMUS UBI JALAR

Resep Timus Ubi Jalar Goreng Renyah Lembut dan Empuk Spesial Asli Enak. Timus atau makanan olahan ubi goreng yang rasanya manis atau sering dikenal dengan nama ubi tumbuk goreng kalau di Jawa. Kalau penulis sukanya makan timus ubi ungu isi gula merah tanpa kelapa tapi lumer atau yang viral kekinian aneka rasa modern. Paling enak dimakan sembari minum kopi atau teh panas atau hangat selepas pulang dari bekerja. Soal bentuk bebas bisa lonjong, bulat besar, bulat kecil, dll. Tergantung selera.

Foto Resep Timus Ubi Jalar Goreng Renyah Lembut dan Empuk Spesial Asli Enak
Gambar Timus Ubi Jalar Goreng



Katimus atau Timus adalah camilan khas Sunda yang terbuat dari campuran singkong parut, kelapa parut dan gula merah (gula aren atau gula kelapa) yang dibentuk lonjong, dibungkus daun pisang atau tanpa daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus. Makanan ini biasanya disuguhkan di acara tahlilan, mauludan dan sebagainya. Di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, makanan ini dikenal dengan nama lemet. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, timus adalah penganan yang terbuat dari ubi jalar dan digoreng. Sementara masyarakat Sunda dan Betawi menyebut makanan serupa sebagai bola ubi atau bola-bols ubi isi gula merah.

Walaupun nama cemilan atau kue basah ini hampir sama tapi terkadang berbeda, ada yang menyebutnya timus, ketimus dan di Sunda, Bandung, Jawa Barat disebut katimus yang masaknya dikukus. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi timus ubi jalar goreng sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis jajanan gorengan.

RESEP TIMUS UBI JALAR


BAHAN :
  • 1 kg ubi jalar (boleh ubi ungu, ubi cilembu, ubi putih, ubi kuning)
  • 15 sdm tepung tapioka
  • 1 butir kuning telur
  • 1/5 Sdt baking powder
  • 1 bungkus santan kara
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam sedikit
CARA MEMBUAT TIMUS UBI JALAR :
  1. Kukus ubi jalar hingga matang. kupas kulitnya setelah matang, dengan cara langsung rendam pakai air dingin biar tidak panas ketika mengupas kulit ubi, boleh kupas dulu lalu rebus. Terserah pakai cara yang mana.
  2. Haluskan ubi yang sudah terkupas bisa pake tumbukan / nyambelan.
  3. Kemudian campurkan tepung tapioka dan baking powder (ayak). Masukkan kuning telur, gula, garam. Uleni sampai semua tercampur rata. Manisnya bisa disesuaikan. Tergantung selera.
  4. Setelah rasa pas. Bentuk adonan menjadi bulatan". Boleh bentuk apa saja sesuai keinginan. (taburkan tepung agar tidak menempel 1 sama lain).
  5. Setelah itu, goreng ubi sampai matang. Di sarankan untuk menggunakan api kecil.
  6. Agar tidak cepat gosong dan tidak matang di bagian dalam) karena ini mengandung gula dan tepung.
  7. Sajikan.