Lompat ke Konten Lompat ke Sidebar Lompat ke Footer

3 Cara Mengolah Wortel yang Benar

 3 Cara Mengolah Wortel yang Benar

3 Cara Mengolah Wortel yang Benar-chocoopandan

Chocoopandan 3 Cara Mengolah Wortel yang Benar - Wortel menjadi sayuran andalan yang cukup disukai banyak orang. Karena mudah didapat dan rasanya yang enak.

Wortel bisa diolah dengan banyak cara, bisa dimakan secara langsung (mentah), direbus, dikukus, dipanggang atau dijadikan jus. Wortel pun sering dijadikan campuran untuk sup atau tumisan sayuran. Atau sebagai bahan campuran untuk membuat pudding. Air perasan jus wortel juga bisa digunakan sebagai bahan pewarna alami mie dan roti yang lebih sehat.

Wortel juga dikenal memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Tapi nutrisi dalam wortel akan hilang jika cara pengolahannya salah. Agar nutrisi wortel tidak hilang sia-sia simak ulasan di bawah ini. Berikut 3 cara mengolah wortel yang tepat :

Cara mengolah wortel

1. Dikukus

Mengukus wortel merupakan pengolahan wortel yang paling sehat. Dibanding direbus ternyata wortel lebih baik dikukus. Hal ini dikarenakan merebus wortel terlalu lama dapat membuat vitamin larut ke dalam air. Untuk itu mengukus wortel akan membuat wortel tidak tercampur dengan lemak dari minyak dan panas, serta air. Sehingga kandungan nutrisi dalam wortel akan tetap utuh. Waktu yang dibutuhkan untuk mengukus wortel yaitu sekitar 4-5 menit saja. 

2. Dipanggang

Memanggang wortel juga menjadi pilihan yang baik untuk mengolah wortel. Memanggang wortel dapat menjamin kualitas nutrisi wortel tetap terjaga. Akan tetapi, suhu saat memanggang wortel perlu diperhatikan juga. Jika suhu memanggang terlalu panas dapat menghilangkan nutrisi dalam wortel. Waktu yang dibutuhkan untuk memanggang wortel yaitu sekitar 4-5 menit.

baca juga : manfaat wortel

3. Dihaluskan 

Menghaluskan wortel merupakan salah satu cara agar mendapat nutrisi utuh dari wortel. Wortel yang dihaluskan dapat dicampur dengan berbagai macam makanan seperti nasi, mie, ataupun roti. Wortel pun juga dapat dijadikan jus. Tapi jangan dibuang ampasnya. Karena ampas wortel memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya.

Selain dikonsumsi secara matang, wortel juga bisa dikonsumsi secara mentah lho. Kebiasaan makan wortel mentah ini bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Mengunyah wortel mentah dapat meningkatkan produksi air liur sehingga dapat membantu membersihkan plak pada gigi.


Menyimpan wortel

                                             

3 Cara Mengolah Wortel yang Benar-chocoopandan

Selain cara pengolahan, cara menyimpan wortel juga perlu diperhatikan. Berikut tips menyimpan wortel agar tidak cepat busuk :

Bersihkan terlebih dahulu wortel dengan cara mencuci di air mengalir lalu keringkan dengan tissu dapur. Pastikan wortel benar-benar kering sebelum disimpan agar tidak cepat busuk.

Sebelum disimpan buanglah bagian hijau atau tangkai daun pada wortel. Pasalnya bagian tersebut dapat menyebabkan kelembaban wortel dan membuatnya cepat langu.

Bungkus wortel dengan kertas atau plastik yang sudah dilubangi. Masukan wortel di dalam kulkas agar lebih awet. Plastik dan kertas di sini berfungsi untuk menjaga kelembaban wortel sehingga ketika disimpan wortel tidak cepat kisut dan busuk.

Wortel yang sudah dikupas dan dipotong dapat disimpan di dalam freezer. Namun harus diblansir dulu agar tetap renyah dan warnanya tidak berubah.


Posting Komentar untuk "3 Cara Mengolah Wortel yang Benar"