Lompat ke Konten Lompat ke Sidebar Lompat ke Footer

5 Olahraga Ringan ini dapat Turunkan Berat Badan

5 Olahraga Ringan ini Dapat Menurunkan Berat Badan


5 Olahraga ringan ini dapat turunkan berat badan-chocoopandan.com

Chocoopandan 5 Olahraga Ringan ini dapat Turunkan Berat Badan - Tidak sedikit orang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan tapi malas untuk berolahraga. Tentu hal ini akan berdampak pada sulitnya penurunan berat badan. 

Olahraga sama pentingnya dengan menjaga pola makan. Jika hanya berfokus pada menjaga pola makan dan mengurangi kalori yang masuk, tanpa memperhatikan aktivitas fisik atau olahraga maka tidak hanya lemak yang berkurang, tapi massa otot juga bisa berkurang. Padahal pada proses metabolisme otot lebih aktif daripada lemak.

Apabila massa otot banyak berkurang akan membuat proses metabolisme lebih lambat sehingga penurunan berat badan pun juga ikut terhambat. Untuk itu berolahraga juga penting dalam program penurunan berat badan. Selain itu, tanpa olahraga kemampuan fisik menjadi tidak maksimal begitu juga dengan stamina dan kekuatan tubuh.

Berikut 5 olahraga ringan yang cocok untuk menurunkan berat badan :

1. Jalan kaki

Jalan kaki adalah olahraga yang paling ringan dan praktis karena dapat dilakukan di mana dan kapan saja. Selain itu, berjalan kaki juga memiliki risiko cedera yang rendah. Hal ini disebabkan berjalan kaki tidak memberi beban terlalu berat pada tubuh. Berjalan kaki selama 30 menit bisa membakar kurang lebih 167 kalori tubuh. Berjalan kaki secara rutin juga dapat menjaga kesehatan tulang menjadi lebih kuat, menjaga tekanan darah tetap stabil, dan menjaga kadar kolesterol.

2. Jogging

Sama halnya dengan jalan kaki, jogging juga termasuk olahraga yang paling ringan dan efektif untuk membakar lemak, terutama lemak jahat atau biasa dikenal dengan lemak perut. Jogging selama 30 menit bisa membakar kalori sebanyak 300-370 kalori tergantung dari intensitas dan kecepatan saat jogging.

3. Lompat tali

Lompat tali atau skipping, walau terlihat sederhana tapi manfaatnya tidak diragukan lagi.  Karena lompat tali selama 30 menit dengan intensitas rendah mampu membakar 280 kalori dan sebanyak 420 kalori jika dengan intensitas tinggi. Selain menurunkan berat badan lompat tali dapat meningkatkan kekuatan dan stamina serta memperkuat tulang agar terhindar dari osteoporosis.

4. Bersepeda

Bersepeda menjadi pilihan olahraga yang menyenangkan untuk mengurangi berat badan. Bersepeda di luar ruangan selama 30 menit mampu membakar kalori sekitar 280-360 kalori. Jika malas keluar rumah kita bisa menggunakan sepeda statis yang tersedia di tempat gym. Pembakaran kalori yang dihasilkan tidak kalah banyak. Yaitu sekitar 250-280 kalori per 30 menit. Manfaat lain yang didapat jika bersepeda secara rutin adalah dapat meningkatkan kebugaran secara keseluruhan, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Berenang

Berenang tidak kalah menyenangkan dengan bersepeda. Pembakaran kalori yang dihasilkan saat berenang selama 30 menit ternyata berbeda-beda tergantung gaya yang digunakan. Jika menggunakan gaya punggung maka pembakaran yang dihasilkan sebanyak 298 kalori, 370 kalori dengan gaya dada, 409 kalori dengan gaya kupu-kupu, dan 372 kalori dengan gaya treading water. Berenang juga bermanfaat untuk kesehatan paru-paru dan juga jantung meningkat.


baca juga : Hindari 9 Makanan ini jika ingin kurus!

Waktu yang baik untuk berolahraga

Olahraga secara rutin dapat membentuk kebiasaan yang baik sekaligus dapat menurunkan berat badan. Selain jenis olahraga yang dipilih, pilihan waktu untuk berolahraga juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Pasalnya setiap waktu untuk berolahraga memiliki manfaat yang berbeda. Ini penjelasannya :

Pagi hari

Banyak orang memilih berolahraga di pagi hari. Karena udara di pagi hari masih segar. Berolahraga di pagi hari dapat meningkatkan suasana hati sepanjang hari. Hal ini disebabkan pada saat pagi hari otak melepas hormon endorfin, yaitu hormon yang merangsang perasaan bahagia dan juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kalori yang terbakar dalam sehari cenderung lebih banyak. Berolahraga di pagi hari juga membuat  tubuh lebih berenergi sehingga konsentrasi dan performa bekerja meningkat penurunan berat badan

Sore hari

Tidak kalah bermanfaat, olahraga di sore hari dapat menghilangkan stres dan membuat pikiran lebih rileks. Hal ini karena otot-otot tubuh berada pada kondisi yang ideal untuk berolahraga. Olahraga bisa dilakukan lebih intens dan daya tahan lebih tinggi. Tubuh lebih lincah dan lebih  tanggap, serta penggunaan energi lebih efektif.


Posting Komentar untuk "5 Olahraga Ringan ini dapat Turunkan Berat Badan"