Lompat ke Konten Lompat ke Sidebar Lompat ke Footer

5 Sayuran ini tak perlu dikupas karena banyak gizinya

 5 Sayuran ini Tak Perlu dikupas, Karena Banyak Gizinya

5 Sayuran ini tak perlu dikupas karena banyak gizinya-chocoopandan.com

Chocoopandan 5 Sayuran ini tak perlu dikupas karena banyak gizinyaSayuran adalah jenis makanan yang banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Karena hal itulah kita disarankan untuk banyak mengonsumsi sayuran. 

Namun, jika kita salah dalam mengolahnya, tentu akan membuat kandungan baik yang dimiliki sayuran akan hilang begitu saja. Ternyata ada beberapa sayuran yang tak perlu dikupas kulitnya. Karena beberapa sayuran ini kulitnya memiliki lebih banyak vitamin dan nutrisi baik untuk tubuh kita. 

Apa saja sayuran itu? Yuk simak berikut 5 sayuran yang tidak perlu dikupas kulitnya : 

1. Kentang 

5 Sayuran in tak perlu dikupas karena banyak gizinya-chocoopandan.com

Dibanding dagingnya ternyata kulit kentang lebih banyak serat, zat besi, dan asam folat yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Bahkan kulit kentang mengandung antioksidan 5 sampai 10 kali lebih banyak. Selain itu kulit kentang juga mengandung flavonoid yang dapat melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi.


2. Terong 

5 Sayuran in tak perlu dikupas karena banyak gizinya-chocoopandan.com

Dalam kulit terong terdapat kandungan antioksidan yaitu nasunin. Nasunin bermanfaat untuk melawan kerusakan sel akibat penuaan atau penyakit. Kulit terong juga memiliki pigmen yang mengandung anthocianin, senyawa antioksidan yang penting untuk menurunkan risiko terkena diabetes.


3. Mentimun

5 Sayuran in tak perlu dikupas karena banyak gizinya-chocoopandan.com
Seperti sayuran yang lain serat pada mentimun sebagian besar terdapat pada kulitnya. Kulit mentimun juga mengandung vitamin K yang mampu memicu produksi protein yang dibutuhkan tulang agar tulang tetap kuat dan padat. Beta karoten pada kulit mentimun juga bagus untuk kesehatan mata.


4. Wortel

5 Sayuran in tak perlu dikupas karena banyak gizinya-chocoopandan.com

Selain kaya akan vitamin A, wortel juga kaya akan zat polyacetylenes, zat yang berpotensi membunuh sel kanker dan juga memiliki kandungan  antibakteri, anti jamur, dan anti peradangan. Zat ini terdapat di dalam kulit wortel.


5. Lobak 

5 Sayuran in tak perlu dikupas karena banyak gizinya-chocoopandan.com

Sayuran ini memiliki bentuk seperti wortel. Di dalam kulit lobak tersimpan banyak serat, magnesium, vitamin B6, dan kalsium yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain itu mengonsumsi lobak tanpa mengupasnya akan menambah tekstur renyah dalam makanan.


Agar vitamin dan nutrisi yang kita dapatkan dari sayuran bisa lebih maksimal maka kita tidak perlu mengupasnya. Tidak perlu khawatir akan kotoran yang menempel ataupun residu petisida yang tertinggal dikulit. Kita cukup mencucinya dengan air hangat lalu membilasnya di air mengalir sampai bersih. Atau bisa juga menggunakan sabun khusus untuk mencuci sayuran.




Posting Komentar untuk "5 Sayuran ini tak perlu dikupas karena banyak gizinya"