Lompat ke Konten Lompat ke Sidebar Lompat ke Footer

6 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

6 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

6 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan-chocoopandan.com

Chocoopandan6 Manfaat Buah Naga untuk KesehatanBuah naga adalah salah satu buah tropis yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah ini terkenal karena bentuknya yang unik. Kulitnya yang tampak bersisik seperti naga inilah mengapa buah ini diberi nama buah naga. Buah naga memiliki rasa yang manis dan segar. Buah ini dapat dinikmati secara langsung atau bisa dijadikan jus. 

Buah naga memiliki 4 jenis variasinya yaitu, buah naga merah, buah naga putih, buah naga hitam, dan buah naga kuning. Walau berbeda warna namun keduanya memiliki kandungan yang hampir sama. 


Kandungan Gizi Buah Naga 

Berikut kandungan yang ada di dalam 100 gram buah naga :

Air         : 85,7 gram

Kalori : 71 kal

Protein : 1,7 gram

Lemak : 3,1 gram 

Karbohidrat : 9,1 gram

Serat : 3,2 gram

Abu         : 0,4 gram

Vitamin B1 : 0,5 miligram

Vitamin B2 : 0,3 miligram

Vitamin C : 1 miligram

Kalsium : 13 miligram

Fosfor : 14 miligram

Zat besi : 0,4 gram

Natrium     : 10 miligram

Kalium : 128 miligram

Zinc         : 0,4 miligram

Niasin : 0,5 miligram

Selain itu buah naga juga mengandung senyawa yang penting untuk kesehatan seperti antosianin, karotenoid, dan likopen. Banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki oleh buah naga tidak heran jika buah naga juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. 


Manfaat Buah Naga

6 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan-chocoopandan.com

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah naga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena kandungan vitamin C dan antioksidan yang dimiliki oleh buah naga. Vitamin C yang tinggi pada buah naga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan antioksidan pada buah naga berfungsi untuk membantu mencegah kerusakan sel tubuh sehingga tubuh terhindar dari berbagai penyakit.


2. Melancarkan sistem pencernaan

Prebiotik adalah serat tanaman yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di lambung. Kandungan prebiotik pada buah naga berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus sehingga risiko infeksi pada saluran pencernaan dapat dihindari.


3. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi buah naga secara rutin dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan likopen, serat, dan betalain yang dimiliki buah naga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Biji buah naga pun kaya akan lemak omega-3 dan omega-9 yang baik untuk kesehatan jantung.


4. Mencukupi kebutuhan zat besi tubuh

Buah naga mengandung zat besi yang baik untuk kesehatan. Zat besi berfungsi untuk melancarkan oksigen ke seluruh tubuh dan memecah makanan menjadi energi. Selain itu zat besi juga berperan penting dalam proses produksi sel darah merah. Dengan mengonsumsi buah naga kebutuhan zat besi dalam tubuh pun akan tercukupi.


5. Menurunkan berat badan

Buah naga dapat dijadikan sebagai menu camilan sehat bagi yang sedang diet. Hal ini karena buah naga kaya akan serat dan rendah kalori. Dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan rendah kalori akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. 


6. Mengurangi jerawat dan mengatasi kulit terbakar matahari

Kandungan vitamin C dalam buah naga dapat mengurangi proses peradangan wajah karena jerawat. Caranya dengan menjadikan buah naga sebagai masker wajah. Selain itu buah naga juga bermanfaat untuk mengurangi luka kulit akibat sinar matahari. Buah naga mengandung B3 yang berguna untuk melembapkan kulit yang terbakar. Caranya cukup campurkan pasta buah naga dengan timun dan madu.


Tips Menyimpan Buah Naga 

Bagi kalian yang suka dengan buah naga dan ingin menyetok banyak di rumah, kalian bisa menerapkan tips di bawah ini, tips menyimpan buah naga agar tetap awet dan tidak mudah busuk. Berikut tipsnya :

  • Simpan di suhu ruangan hingga benar-benar matang.
  • Bungkus buah naga dengan plastik kedap udara, sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.
  • Untuk buah naga potong, simpanlah di dalam wadah tertutup atau plastik wrap.
  • Buah naga potong juga bisa disimpan di dalam frezzer, bila belum ingin dimakan.


Posting Komentar untuk "6 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan"