Lompat ke Konten Lompat ke Sidebar Lompat ke Footer

7 Manfaat Terong Yang Perlu Kita Ketahui

 7 Manfaat Terong yang Perlu Kita Ketahui

7 Manfaat Terong Yang Perlu Kita Ketahui-chocoopandan



Manfaat Terong - Terong, sayuran yang umumnya dikenal dengan warna ungu ini berasal dari negara India dan Sri Lanka. Tanaman ini umumnya tumbuh di daerah yang beriklim tropis, seperti Indonesia. Masyarakat Indonesia tentunya tidak asing lagi dengan sayuran ini. Karena banyak juga masakan Indonesia yang berbahan dasar terong. Terong juga memiliki berbagai macam jenisnya, seperti terong ungu, terong belanda, terong putih, terong telunjuk, dan terong bulat. 


Selain jenisnya yang banyak, kandungan nutrisi dalam terong juga banyak lho. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia dalam 100 gram terong mengandung beberapa nutrisi seperti :
·         Kalori                    : 28 kkal
·         Air                          : 92,7 gram
·         Lemak                   : 0,2 gram
·         Natrium               : 8 miligram
·         Kalium                  : 187 miligram
·         Tembaga             : 0,1 miligram
·         Seng                      : 0,1 miligram
·         Karbohidrat        : 5,5 gram
·         Serat                      : 2,1 gram
·         Protein                 : 1,1 gram
·         Vitamin C             : 5 miligram
·         Vitamin B1          : 0,04 miligram
·         Vitamin B2          : 0,03 miligram
·         Zat besi                : 0,4 miligram
·         Magnesium        : 14 miligram
·         Kalsium              : 15 miligram
·         Fosfor                   : 37 miligram
·         Niasin                    : 0,5 miligram
·         Beta karoten      : 46 mikrogram
 

Manfaat terong

Beragamnya nutrisi yang terkandung dalam terong maka tidaklah heran jika manfaat terong juga beragam. Berikut beberapa manfaat terong untuk kesehatan :

1.    Memelihara kesehatan jantung

Terong memiliki kandungan serat, kalium, vitamin B6, vitamin C, dan fitonutrien yang dapat membantu memelihara kesehatan jantung. Flavonoid didalam terong juga dapat menurunkan darah tinggi sehingga risiko penyakit jantung dapat dihindari
 

2.    Menjaga kesehatan otak

Terong juga bermanfaat untuk otak. Hal ini dikarenakan kandungan nasunin yang dapat menjaga kesehatan otak. Nasunin berfungsi melindungi membrane sel otak dari serangan radikal bebas. Kandungan antosinin dalam terong juga bermanfaat untuk memicu peredaran darah menuju otak dan mencegah peradangan saraf otak. Sehingga dapat mencegah penyakit atau gangguan fungsi kognitif akibat penuaan.
 

3.    Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah studi menunjukan bahwa rutin mengonsumsi terong dapat membantu mengendalikan kadar kolestrol. Hal ini karena terong sendiri tidak memiliki kandungan kolesterol sehingga aman untuk dikonsumsi. Selain itu kandungan asam klorogenat dalam terong dapat menurunkan berat badan dan juga kadar kolesterol.
 

4.    Mencegah kanker

Manfaat lain terong adalah dapat mencegah tumor dan menghentikan penyebaran kanker dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan polifenol, antosianin, asam klorogenat yang dimiliki terong. Kandungan tersebut juga dipercaya dapat membuang racun serta membunuh sel kanker.
 
baca juga : Manfaat Wortel

5.    Menjaga kesehatan kulit

Kandungan air dalam terong yang cukup tinggi bisa dapat membantu menjaga kelembapan dan menutrisi kulit. Selain air, kandungan antioksidan dalam terong dapat menangkal radikal bebas yang membunuh sel-sel kulit tubuh.
 

6.    Mengurangi risiko bayi lahir cacat

Ternyata teong juga bermanfaat untuk ibu hamil lho. Asam folat berperan penting untuk menurunkan risiko bayi lahir cacat. Asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil terkadung juga di dalam terong. Selain itu mineral dan vitamin yang ada dalam terong dapat menjaga keseimbangan elektrolit tubuh ibu hamil dan juga sangat baik untuk perkembangan bayi di dalam rahim.
 

7.    Mengobati anemia

Anemia adalah penyakit yang disebabkan karena kekurangan zat besi. Terong memiliki kandungan zat besi yang dapat mencukupi kebutuhan zat besi dalam tubuh. Zat besi dalam terong dapat membantu produksi serta distribusi sel darah merah sehingga energi dan hemoglobin meningkat.

Posting Komentar untuk "7 Manfaat Terong Yang Perlu Kita Ketahui"