Lompat ke Konten Lompat ke Sidebar Lompat ke Footer

Gak cuma bikin kenyang kentang juga punya banyak manfaat lho

Selain Bikin Kenyang, Kentang Juga Punya Banyak Manfaat Lho


Gak cuma bikin kenyang kentang juga punya banyak manfaat lho-chocoopandan.com


Chocoopandan Selain Bikin Kenyang Kentang juga Punya Banyak Manfaat Lho - Kentang dikenal memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga sering dimanfaatkan sebagai pengganti nasi. Terutama bagi seseorang yang sedang menjalani diet. Kentang atau solantum tuberosum (latin) berasal dari Amerika Selatan tapi kini sudah menyebar hampir di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri kentang biasanya tumbuh baik di dataran tinggi dengan iklim yang sejuk.

Kentang termasuk umbi yang tumbuh di bawah tanah. Harga kentang relatif murah dan mudah dimasak. Walaupun begitu kandungan gizi yang dimiliki kentang tidak bisa dianggap remeh. Meski didominasi oleh karbohidrat, kentang juga memiliki kandungan lainnya yang penting untuk kesehatan tubuh. Apa saja sih kandungan kentang? Berikut penjelasannya.

Kandungan Gizi Kentang

Selain karbohidrat kentang juga mengandung banyak nutrisi lainnya. Berikut nutrisi yang terkandung dalam per 100 gram kentang :

Air                  : 83,4 gram

Kalori         : 62 kkal

Protein : 2,1 gram

Lemak         : 0,2 gram

Karbohidrat : 13,5 gram

Serat          : 0,5 gram

Kalsium : 63 miligram

Forfor         : 58 miligram

Zat besi : 0,7 miligram

Natrium         : 7 miligram

Kalium         : 396 miligram

Tembaga         : 0,4 mikrogram

Seng          : 0,3 mikrogram

Vitamin B1     : 0,09 miligram

Vitamin B2 : 0,1 miligram

Vitamin B3 : 1 miligram

Vitamin C         : 21 miligram


Manfaat Kentang Bagi Kesehatan 

Kentang memiliki rasa yang hambar sehingga dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan. Dari menjadi menu pembuka, utama, hingga makanan penutup. Di balik itu semua ternyata kentang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho, yuk kita cari tahu apa saja manfaat kentang bagi kesehatan.

1. Menurunkan risiko penyakit

Kentang memiliki senyawa flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik yang berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh yang nantinya akan mencegah radikal bebas yang muncul dan merusak sel tubuh. Antioksidan dalam kentang juga dapat menekan pertumbuhan kanker hati dan usus besar. 

2. Mengendalikan kadar gula darah

Ternyata kentang bermanfaat bagi penderita diabetes lho. Karena kandungan pati atau pati resisten ini dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Pati resisten yang tidak dapat diserap oleh tubuh sepenuhnya akan menjadi sumber nutrisi untuk bakteri baik dalam usus. Sehingga dapat mengoptimalkan kerja insulin (hormon pengendali gula darah).

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan pati resisten di dalam kentang ternyata juga dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan. Ketika masuk ke dalam usus, pati resisten akan dimakan oleh bakteri baik dan akan mengubah pati menjadi asam lemak rantai pendek. Asam lemak rantai pendek ini punya banyak manfaat untuk kesehatan seperti mengurangi risiko peradangan usus besar, memperkuat pertahanan usus besar, dan mengurangi risiko kanker kolorektal (kanker usus besar).

4. Menstabilkan tekanan darah

Manfaat lain dari kentang adalah menstabilkan tekanan darah. Hal ini karena kandungan kalium yang ada di dalam kentang. Kalium adalah mineral yang dapat menurunkan tekanan darah. Mineral ini bekerja dengan merangsang pembuluh darah untuk melebarkan ukurannya. Kentang juga mengandung kalsium yang berperan penting dalam mengendalikan tekanan darah.

baca juga : Olahraga ringan ini dapat menurunkan berat badan

5. Menjaga kesehatan jantung

Karotenoid dalam kentang membantu menjaga kesehatan fungsi jantung dengan baik. Karotenoid bermanfaat sebagai agen anti peradangan untuk mencegah kondisi aterosklerosis (penyumbatan dinding arteri jantung). Kandungan vitamin C dan vitamin B6 juga membantu mengurangi radikal bebas pada sel jantung dan sel-sel tubuh lainnya. Kandungan serat kentang juga bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol dalam darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Membantu metabolisme tubuh

Vitamin B6 dalam kentang berperan penting dalam sumber energi. Vitamin ini bisa membantu metabolisme energi, memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino. Kedua senyawa ini lebih kecil dan mudah dimanfaatkan untuk menghasilkan energi dalam tubuh.

7. Membuat kenyang lebih lama

Kentang bisa menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi bagi yang ingin menurunkan berat badan. Selain memiliki kalori yang lebih rendah, kentang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi konsumsi makanan lainnya. Hal ini dikarenakan protein dalam kentang yang mampu mengurangi nafsu makan dan memicu produksi cholecystokinin yang menimbulkan rasa kenyang.

8. Menjaga kesehatan kulit

Selain beberapa manfaat di atas kentang juga dapat mengurangi rasa gatal, peradangan kulit, jerawat, dan kutil. Kandungan vitamin C dalam kentang yang bekerja sebagai antioksidan membantu mencegah kulit dari kerusakan sinar matahari, polusi, dan asap. Juga membantu kolagen menghaluskan kerutan dan memperbaiki tekstur kulit.


Tips Menyimpan Kentang 

  • Simpan kentang di suhu yang sejuk dan kering. Suhu ruangan bisa jadi tempat yang baik untuk menyimpan kentang. Sebab, suhu ruangan identik dengan kondisi sejuk dan kering, dengan begitu kentang tak cepat busuk. Simpan kentang di dapur atau lemari makanan. Hindari sinar mata hari berlebihan karena dapat memperburuk kualitas kentang.
  • Simpan kentang dalam mangkuk atau paperbag. Karena, jika dibiarkan dalam kantong plastik, maka kentang jadi lembap dan dagingnya mudah membusuk serta timbul akar.
  • Jangan simpan kentang di dalam kulkas. Hal ini karena suhu dingin kulkas membuat kentang lebih tahan lama secara tidak alami sehingga dapat menurunkan kualitas vitamin dan nutrisi pada kentang. Selain itu, pati sayuran dalam kentang bisa berubah menjadi gula bila secara terus menerus disimpan dalam suhu rendah.
  • Hindari menyimpan kentang berdekatan dengan bawang, pisang, dan apel. Ternyata, ketiga bahan tersebut bisa mengeluarkan gas etilen yang dapat mempercepat proses pematangan sehingga kentang akan lebih mudah membusuk.

Posting Komentar untuk "Gak cuma bikin kenyang kentang juga punya banyak manfaat lho"