Lompat ke Konten Lompat ke Sidebar Lompat ke Footer

4 Salad Khas Indonesia, Mana Favoritmu?

4 Salad Khas Indonesia, Mana Favoritmu?

4 Salad khas Indonesia, Mana Favoritmu?-chocoopandan.com

Chocoopandan4 Salad Khas Indonesia, Mana Favoritmu?Salad merupakan jenis makanan yang berisi sayuran dan diberi tambahan saus yang menggugah selera. Makanan ini berasal dari negara Eropa. Tapi, tidak hanya luar negeri, Indonesia juga memiliki khasnya sendiri. Rasanya pun tidak kalah enak dengan salad luar negeri. Selain enak, salad versi Indonesia ini juga dijamin sehat. Menggunakan sayuran segar yang beragam dan dicampur dengan bumbu khas Indonesia yang akan membuat rasa salad semakin nikmat. Dari keempat jenis salad berikut ini mana yang jadi favoritmu?

1. Pecel

4 Salad Khas Indonesia, Mana Favoritmu?-chocoopandan.com

Pecel merupakan salah satu makanan khas daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jogja. Pecel biasanya berisi kacang panjang, tauge, mentimun, daun kemangi, daun singkong, daun pepaya atau sayuran lainnya yang kemudian disiram bumbu kacang di atasnya. Bumbu kacangnya terbuat dari kacang tanah, cabai, garam, gula merah, jeruk purut, dan bawang putih. Lebih nikmat disantap dengan nasi dan rempeyek.


2. Gado-gado

4 Salad Khas Indonesia, Mana Favoritmu?-chocoopandan.com

Gado-gado adalah salah satu makanan khas daerah Jakarta. Gado-gado terdiri dari sayur-sayuran yang dipotong kecil seperti selada, kol, tauge, kacang panjang, wortel, dan timun serta diberi tambahan kentang rebus, telur rebus, tempe dan tahu. Gado-gado dilumuri bumbu kacang yang rasanya agak tawar. Jika ingin lebih pedas bisa menambahkan cabai dibumbu kacangnya.


3. Lotek

4 Salad khas Indonesia, mana favoritmu?-chocoopandan.com

Lotek merupakan makanan khas daerah Jawa Barat. Lotek biasanya berisi kol, tauge, kacang panjang, dan kangkung yang telah direbus matang. Saus kacangnya agak kental dan menggunakan kencur. Sepintas lotek memang terlihat mirip dengan pecel atau gado-gado bedanya saus kacang lotek terasa lebih manis dari pada pecel atau gado-gado. Lotek biasa disajikan dengan nasi atau lontong.

baca juga : Resep lotek sederhana


4. Karedok

4 Salad Khas Indonesia, Mana Favoritmu?-chocoopandan.com

Karedok juga salah satu makanan khas daerah Jawa Barat. Sama halnya dengan 3 salad di atas, karedok terdiri sayuran dan saus kacang. Bedanya kalau karedok menggunakan sayuran yang masih mentah sehingga hal itulah yang membuat karedok terasa lebih segar. Biasanya menggunakan sayuran tauge, kol, kacang panjang, terong, kemangi, dan timun. Saus karedok berbahan dasar kacang yang dipadukan dengan kencur dan air jeruk nipis.

Posting Komentar untuk "4 Salad Khas Indonesia, Mana Favoritmu?"