Lompat ke Konten Lompat ke Sidebar Lompat ke Footer

5 Kebaikan Buah Pepaya untuk Kesehatan

5 Kebaikan Buah Pepaya untuk Kesehatan

5 Kebaikan Buah Pepaya untuk Kesehatan-chocoopandan.com


Chocoopandan 5 Kebaikan Buah Pepaya untuk KesehatanBuah yang satu ini pasti sudah gak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain mudah didapat, pepaya juga memiliki rasa yang manis dan segar.

Buah pepaya mengandung beragam nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti vitamin A, B, C, E, dan K, serat, kalsium, potasium, folat, dan juga magnesium. Selain itu pepaya juga mengandung antioksidan likopen dan mineral lain yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Beragamnya kandungan nutrisi dan mineral yang dimiliki pepaya tidak heran jika buah ini memiliki banyak manfaat. Berikut 5 kebaikan buah pepaya untuk kesehatan :

1. Melancarkan pencernaan

Manfaat yang satu ini sudah tidak diragukan lagi. Pepaya memiliki enzim papain yang berperan penting dalam membantu proses pencernaan. Kandungan serat dan air yang cukup tinggi dalam pepaya sangat baik untuk pencegahan sembelit dan membuat buang air besar menjadi teratur sehingga menyehatkan saluran pencernaan.

2. Meningkatkan sistem imun

Salah satu manfaat buah pepaya adalah dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh. Hal ini dikarenakan buah pepaya mengandung vitamin A, C, dan E. Vitamin tersebut diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh akan terhindar dari penyakit infeksi, seperti pilek dan flu. Antioksidan likopen dalam pepaya juga mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

3. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi buah pepaya  secara rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung. Buah pepaya mengandung likopen dan vitamin C yang dapat membantu mencegah penyakit jantung. Selain itu antioksidan dalam pepaya dapat melindungi jantung dan meningkatkan efek perlindungan dari kolesterol baik (HDL).

4. Menyehatkan rambut dan kulit

Buah pepaya baik untuk kesehatan rambut. Vitamin A dalam pepaya berperan penting dalam produksi sebum yang berguna untuk menjaga kelembapan rambut. Selain itu pepaya vitamin A dan C dalam pepaya dapat mengurangi kerutan dan memudarkan  bintik-bintik hitam pada kulit. Serta enzim papain yang dimiliki pepaya bermanfaat untuk melembutkan dan merevitalisasi kulit.

5. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Penyakit alzheimer adalah penyakit  neurodegenartif progesif yang membunuh sel-sel otak sehingga menyebabkan masalah memori dan hilangnya kemampuan intelektual secara bertahap. Sebuah penelitian menyatakan bahwa ekstrak bubuk pepaya yang difermentasi dapat membantu melawan efek stres oksidatif pada penderita penyakit alzheimer dan mampu memperlambat perkembangan penyakit.

Posting Komentar untuk "5 Kebaikan Buah Pepaya untuk Kesehatan"