Lompat ke Konten Lompat ke Sidebar Lompat ke Footer

5 Manfaat Buah Tomat yang Kita Dapatkan Jika Secara Rutin Dijus

 5 Manfaat Buah Tomat yang Kita Dapatkan Jika Secara Rutin Dijus


5 Manfaat Mengonsumsi Tomat Secara Rutin-chocoopandan.com

Chocoopandan | 5 Manfaat Buah Tomat yang Kita Dapatkan Jika Secara Rutin Dijus - Tomat merupakan tanaman yang cukup populer di Indonesia. Tomat menjadi salah satu tanaman yang bisa dipanen di segala musim. Banyak orang yang menggunakan tomat sebagai bahan pelengkap masakan karena rasanya yang segar.

Namun, ada pula yang menjadikannya sebagai minuman atau bahkan mengonsumsinya secara langsung. Tomat sering disebut sebagai buah tapi ada juga yang menyebutnya sebagai sayuran. Terlepas dari hal itu yang pasti tomat memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.


Kandungan Nutrisi Tomat 

Apa saja sih kandungan nutrisi yang dimiliki tomat? Berikut kandungan nutrisi yang ada dalam 100 gram tomat :

  • Air : 93 gram
  • Energi : 24 kkal
  • Protein : 2 gram
  • Lemak : 0,7 gram
  • Karbohidrat : 3,3 gram
  • Serat : 1,8 gram
  • Kalsium : 5 mg
  • Fosfor : 27 gram
  • Zat besi : 0,5 mg
  • Natrium : 10 mg
  • Kalium : 210 mg

Selain kandungan nutrisi di atas, tomat juga mengandung mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan.


Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

5 Manfaat Mengonsumsi Tomat Secara Rutin-chocoopandan.com

Melihat berbagai macam kandungan nutrisi yang dimiliki tomat tentunya dengan memakan  tomat secara rutin kita akan mendapatkan khasiat yang baik untuk kesehatan seperti : 

1. Menyehatkan kulit

Salah satu manfaat tomat adalah dapat membuat kulit tetap sehat dan mulus. Tomat mengandung zat likopen yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Berdasarkan hasil sebuah penelitian mengungkapkan seseorang yang terkena paparan sinar UV langsung diketahui akan mengalami kerusakan kulit secara ringan setelah memakan 40 gram tomat secara rutin. Selain itu, kandungan vitamin C dalam tomat juga berfungsi sebagai perangsang kolagen. 

 

2. Baik untuk kesehatan mata

Tomat dikenal bagus untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan tomat kaya akan vitamin A. Selain itu tomat juga memiliki kandungan senyawa lutein dan zeaxanthin yang sangat dbutuhkan mata. Kedua senyawa ini dapat melindungi mata dengan cara menyaring gelombang cahaya biru yang diterima mata, seperti sinar UV B yang berpontensi merusak jaringan mata. Lutein dan zeaxanthin pada tomat juga berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga mencegah kerusakan sel-sel pada mata.


3. Menjaga kesehatan jantung

Warna merah tomat menandakan kandungan likopen dan betakaroten yang tinggi. Likopen dan betakaroten dikenal sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh yang mampu mengurangi risiko serangan jantung. Kandungan likopen yang dimiliki tomat juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol yang menjadi salah satu faktor penyebab penyakit jantung. Bahkan, kandungan likopen dalam tomat memberikan efek perlindungan terhadap lapisan pembuluh darah, sehingga mampu mencegah terjadinya pembekuan darah. 


4. Mengontrol kadar gula darah

Tomat merupakan salah satu makanan dengan indeks glikemik rendah yakni sekitar 38 sehingga baik untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan tomat merupakan sumber serat yang biak untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, tomat mengandung kromium yang mampu menyeimbangkan kadar gula darah.


5. Melancarkan pencernaan

Memakan tomat secara rutin juga dapat melancarkan pencernaan. Tingginya kandungan air dan serat yang dimiliki tomat dapat membantu melancarkan pergerakan usus sehingga buang air besar menjadi lancar. Serat dalam tomat juga dapat mendorong keluar kotoran yang terdapat di usus sehingga membantu mengurangi sembelit.

Posting Komentar untuk " 5 Manfaat Buah Tomat yang Kita Dapatkan Jika Secara Rutin Dijus"