Lompat ke Konten Lompat ke Sidebar Lompat ke Footer

9 Sambal Nusantara yang Wajib Dicoba

 9 Sambal Nusantara yang Wajib Dicoba


Chocoopandan | 9 Sambal Nusantara yang Wajib Dicoba - Sambal merupakan salah satu menu pelengkap makanan. Bagi para pecinta pedas menu yang satu ini harus wajib ada setiap menyantap makanan. Hal ini karena rasa pedas yang dimiliki sambal memberikan efek atau sensasi tersendiri yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Sambal memiliki konsistensi yang lebih padat dari pada salsa dan mengandung lebih banyak rempah-rempah. Ada banyak sekali varian sambal yang diolah dan dikonsumsi oleh masyarakat kita. Mulai dari tingkat rasa kurang pedas sampai tingkat sangat pedas, tergantung jenis dan berapa banyak cabai yang digunakan. Tekstur yang dimiliki sambal juga beragama dan memiliki ciri khas yang berbeda-beda juga. Cara pembuatan setiap sambal pun berbeda-beda.

Berikut 9 sambal nusantara yang wajib kalian coba yang dijamin bakal bikin tambah nafsu makan :

        1. Sambal terasi

9 Sambal Nusantara yang Wajib Dicoba-chocoopandan.com

Sambal terasi merupakan salah satu sambal yang cukup banyak digemari masyarakat Indonesia. Sambal ini pun sering menjadi pelengkap makanan di warung makan atau restoran. Sambal terasi terbuat dari campuran cabai, bawang merah, garam, dan juga terasi. Terasi merupakan fermentasi dari udang rebon atau ikan dengan garam dan bahan tambahan lainnya. Aroma dan rasa dari terasi memberikan cita rasa khas pada sambal ini. Namun ada juga beberapa juga yang merasa terganggu dengan aroma terasi sendiri.

 

2. Sambal bawang

9 Sambal Nusantara yang wajib dicoba-chocoopandan.com

Sambal bawang juga menjadi salah satu favorit masyarakat kita. Rasa pedas yang dihasilkan oleh sambal bawang akan membuat kalian sedikit berkeringat saat makan. Sambal bawang dibuat dari cabai rawit dan bawang putih mentah. Ada beberapa yang menambahkan sedikit minyak panas ke dalam sambal sehingga menambahkan sensasi tersendiri saat menyantapnya.

 

3. Sambal tomat

9 Sambal Nusantara yang Wajib Dicoba-chocoopandan.com

Sambal tomat merupakan sambal yang terbuat dari perpaduan cabai, bawang, dan tomat. Sambal tomat memiliki rasa yang pedas, asam dan segar. Ada beberapa orang yang menambahkan terasi atau jeruk limau agar lebih sedap. Namun rasa pedas dari sambal tomat tidak sepedas sambal yang lainya sehingga sambal tomat menjadi pilihan bagi yang tidak suka pedas.

 

4. Sambal dabu-dabu

9 Sambal Nusantara yang Wajib Dicoba-chocoopandan.com

Sambal yang satu ini merupakan sambal khas dari Manado. Sambal dabu-dabu memiliki tingkatan pedas yang cukup tinggi sehingga memberikan sensasi kenikmatan sendiri ketika makan. Sambal dabu-dabu terbuat dari cabai rawit, cabai merah, tomat, dan bawang merah yang diiris-iris kemudian diberi perasan air jeruk nipis dan minyak goreng panas. Biasanya sambal dabu-dabu digunakan sebagai pendamping makanan seafood.

 

5. Sambal matah

9 Sambal Nusantara yang Wajib Dicoba-chocoopandan.com

Kalau Manado punya sambal dabu-dabu, maka Bali punya sambal matah. Sekilas sambal dabu-dabu dan sambal matah terlihat mirip, akan tetapi keduanya memiliki perbedaan. Sambal matah merupakan sambal yang terbuat dari irisan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, serai dan daun jeruk lalu disiram dengan minyak panas agar semakin gurih. Ada beberapa juga yang menambahkan terasi ke dalam sambal.

 

6. Sambal ijo

9 Sambal Nusantara yang wajib dicoba-chocoopandan.com

Sambal ijo biasa dijumpai di masakan Padang. Namun sambal ijo juga nikmat untuk pendamping makanan lainnya. Seperti namanya sambal ijo memang berbahan dasar cabai besar dan cabai rawit hijau yang dikombinasikan dengan tomat hijau, bawang merah, dan bawang putih. Teksturnya memang sedikit kasar karena hanya ditumbuk secara kasar dan tidak sampai halus.

 

7. Sambal tempoyak

9 Sambal Nusantara yang wajib dicoba-chocoopandan.com

Bagi para pecinta durian tentu akan menyukai sambal yang satu ini. Karena sambal satu ini terbuat dari campuran cabai, bawang, dan fermentasi durian. Sambal ini cukup popular. Cita rasanya yang gurih, asam, dan pedas cocok untuk pendamping makan ikan goreng. Selain itu sambal tempoyak juga biasa dijadikan bumbu masakan. Proses pembuatannya memang cukup lama, akan tetapi sambal ini selalu membuat ketagihan.

 

8. Sambal bajak

9 Sambal Nusantara yang wajib dicoba-chocoopandan.com

Sambal bajak merupakan sambal khas dari daerah Jawa Timur. Sambal bajak terbut dari campuran cabai, bawang, terasi, dengan tambahan rempah  seperti daun salam, serai, dan air asam. Sekilas sambal ini memang terlihat mirip dengan sambal terasi. Akan tetapi karna penggunaan rempah tambahan tadi membuat sambal ini memiliki rasa dan aroma yang berbeda dengan sambal terasi.

 

9. Sambal roa

9 Sambal Nusantara yang wajib dicoba-chocoopandan.com

Sambal roa adalah sambal khas dari Manado. Sambal ini terbuat dari cabai rawit dan bawang merah yang dicampur dengan ikan roa yang telah dikeringkan. Karena hal itulah sambal roa memiliki cita rasa yang khas dan aroma yang kuat. Sambal ini biasa dijadikan teman makan pisang goreng,  singkong goreng, dan bubur Manado.

 

 

 

Posting Komentar untuk "9 Sambal Nusantara yang Wajib Dicoba"