Lompat ke Konten Lompat ke Sidebar Lompat ke Footer

Durian, si Raja Buah Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Durian, si Raja Buah Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Durian, si Raja Buah Kaya Manfaat-chocoopandan.com


Chocoopandan Durian, si Raja Buah Kaya Manfaat untuk Kesehatan - Durian disebut juga sebagai raja dari segala buah merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari negara Asia Tenggara. Durian cukup digemari banyak orang. Namun tidak sedikit juga yang tidak menyukai buah ini. Hal ini karena bau khas tajam dan menyengat dari buah durian. Seperti namanya buah ini memiliki ciri-ciri kulit buahnya yang berduri dan keras. Tekstur dagingnya lembut dengan rasa yang manis dan sedikit pahit.


Kandungan Buah Durian :

Buah durian juga bergizi karena mengandung  karbohidrat, lemak, protein, dan mineral yang baik untuk tubuh. Berikut kandungan yang ada dalam 100 gram buah durian :

  • Energi : 147 kal
  • Air                   : 65 gram
  • Karbohidrat : 27 gram
  • Serat : 3,8 gram
  • Lemak : 5,3 gram
  • Protein : 1,4 gram
  • Vitamin A : 44 mg
  • Vitamin C : 19,7 gram
  • Magnesium : 30 mg
  • Fosfor : 39 mg


Manfaat Durian :

1. Mencegah kanker

Buah durian mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini bermanfaat untuk melawan radikal bebas sehingga tubuh akan terhindar dari penyakit berbahaya, seperti kanker. Buah durian juga memiliki kandungan zat polifenol yang dapat mencegah pertumbuhan kanker dan juga membunuh sel-sel kanker dalam tubuh. 


2. Menjaga kesehatan jantung

Buah durian kaya akan serat. Selain baik untuk pencernaan, serat dalam durian juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. hal ini dikarenakan serat buah durian dapat menurunkan kadar kolesterol dan membuang kolesterol jahat sehingga dapat mencegah penyakit jantung.


3. Mengatur tekanan darah

Sebuah studi mengatakan bahwa buah durian merupakan sumber kalium yang baik bagi tubuh. Kalium penting untuk fungsi otot. Selain itu kalium berfungsi melemaskan dinding pembuluh darah, mencegah kram otot, dan juga menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi buah durian dengan porsi sewajarnya dapat mengontrol tekanan darah tetap stabil.


4. Mencegah penuaan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah durian juga bermanfaat untuk kecantikan. Salah satunya mencegah penuaan. Hal ini dikarenakan tingginya vitamin C yang dimiliki oleh buah durian. Vitamin C ini bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Antioksidan ini dapat membantu mencegah dan mengurangi tanda penuaan pada kulit.


5. Menjaga kesehatan tulang

Kalium yang ada pada buah durian tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, tapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Tingginya kandungan kalium dan magnesium yang dimiliki buah durian dapat meningkatkan kepadatan tulang sehingga mengurangi risiko penyakit osteoporosis.


Walau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kita juga perlu berhati-hati saat mengonsumsi buah durian. Jika dikonsumsi secara berlebihan manfaat baik durian tidak akan kita dapatkan. Hal ini dikarenakan buah durian memiliki kadar gula yang cukup tinggi sehingga dapat mengganggu kestabilan kadar gula darah. Selain itu tidak disarankan untuk mengonsumsi buah durian dan alkohol secara bersamaan. Di dalam buah durian terdapat zat yang dapat menghambat kinerja enzim di saluran pencernaan saat  mencerna alkohol.


Posting Komentar untuk "Durian, si Raja Buah Kaya Manfaat untuk Kesehatan"