Lompat ke Konten Lompat ke Sidebar Lompat ke Footer

5 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan, Tak Hanya Bagus untuk Diet tapi juga Bagus untuk Kesehatan Jantung

5 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan, Tak Hanya Bagus untuk Diet tapi juga Bagus untuk Kesehatan Jantung

5 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan, Tak Hanya Bagus untuk Diet tapi juga Bagus untuk Kesehatan Jantung-chocoopandan


Chocoopandan 5 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan, Tak Hanya Bagus untuk Diet tapi juga Bagus untuk Kesehatan Jantung - Buah Alpukat termasuk jenis buah yang banyak digemari karena rasa dan nutrisinya. Buah alpukat dikenal dengan kandungan lemak baiknya, yaitu lemak tak jenuh tunggal. 

Selain itu alpukat juga mengandung karbohidrat, serat, dan  protein yang penting untuk kesehatan. Alpukat juga mengandung kalium, magnesium, lutein, folat, dan aneka vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B3, C, E, dan K. Beragamnya kandungan nutrisi yang dimiliki alpukat, sehingga tak perlu diragukan lagi manfaat alpukat untuk kesehatan. 

Buah alpukat atau juga sering disebut avocado ini kerap dijadikan salah satu menu diet bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan. Namun tidak hanya itu, banyak manfaat alpukat yang lain bagi kesehatan. Berikut ulasannya :

1. Mengontrol berat badan

Buah alpukat memiliki kandungan serat dan karbohidrat, sehingga apabila kita memakannya akan membuat kita terasa kenyang lebih lama. Sebuah penelitian mengatakan bahwa, orang yang makan alpukat dalam menu makanannya merasa 23% lebih kenyang dan memiliki keinginan 28% lebih rendah untuk makan lagi selama 5 jam berikutnya. Selain itu, buah alpukat juga mengandung lemak baik yang tidak akan mengakibatkan kenaikan berat badan jika kita memakannya. Namun, perlu diingat juga bahwa untuk tidak mengonsumsi buah alpukat secara berlebihan. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung kalori yang cukup tinggi, sekitar 150-200 kalori dalam satu buah. 


2. Menjaga kesehatan jantung dan membantu mengendalikan tekanan darah

Membiasakan mengonsumsi buah-buahan bisa membantu menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL di dalam tubuh, seperti halnya alpukat. Sehingga hal tersebut dapat menurunkan risiko penumpukan kolesterol di pembuluh darah penyebab utama penyakit jantung. Alpukat juga memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Mineral ini dipercaya dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Kalium juga bermanfaat untuk membantu mengatur detak jantung agar tetap normal.


3. Menjaga kesehatan kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan, alpukat juga bermanfaat untuk kecantikan. Salah satunya membantu menjaga kelembapan kulit. Hal ini dikarenakan alpukat memiliki kandungan vitamin C dan E yang berperan penting untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Alpukat juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan kerutan secara alami hingga menghilangkan luka yang ada di permukaan kulit.

baca juga : 5 Manfaat buah tomat yang kita dapatkan jika secara rutin dijus


4. Meningkatkan penyerapan gizi dalam tubuh

Manfaat lain buah alpukat untuk kesehatan adalah meningkatkan penyerapan gizi dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan lemak yang dimilik alpukat cukup besar. Beberapa nutrisi yang masuk ke dalam tubuh hanya bisa larut dalam lemak, artinya perlu dicampur dengan lemak agar bisa terserap tubuh. Vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak, bersama dengan antioksidan seperti karotenoid.


5. Mencegah kanker

Manfaat buah alpukat berikutnya adalah mencegah penyakit kanker. Kandungan asam folat dalam alpukat berperan penting dalam pengobatan kanker. Senyawa baik lainnya bisa mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker pankreas, kanker serviks, kanker usus besar, dan kanker lambung. Fitokimia yang ada di dalam alpukat dapat menghambat pertumbuhan sel prakanker dan kanker.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan, Tak Hanya Bagus untuk Diet tapi juga Bagus untuk Kesehatan Jantung"